Google+

Indonesia Contoh Strategis Bagi Dakwah Islam Dunia

Indonesia sebagai negara mayoritas Islam terbesar di dunia dianggap memiliki kelebihan bagi perkembangan dakwah Islam.

Hal itu disampaikan Ulama Libya, Syekh Addukali Muhammad Al-'Alam ketika diwawancarai Republika Online, Jumat (16/3). "Indonesia adalah contoh strategis bagi
dakwah Islam dunia," kata Addukali.

Muslim Indonesia yang besar adalah aset yang potensial dalam mendakwahkan Islam yang rahmatan lil alamin. Menurutnya, citra Islam yang damai dan toleran seperti di Indonesia inilah yang harus ditunjukkan kepada dunia.

Selain ulama terkenal Libya, Syekh Addukali juga adalah Ketua World Islamic Call Society (Dewan Dakwah Islam Internasional). Dalam lawatannya ke Indonesia, Addukali bertemu dengan perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri, KH. Muhyidin Junaidi di Masjid Istiqlal, Jumat (16/3).

Kunjungan Addukali ini didampingi Duta Besar Libya untuk Indonesia, Masoud S El-Koshly dan Direktur Dakwah Islam Internasional, Saad Fallah. Addukali sempat kagum dengan Masjid Istiqlal yang bersebelahan dengan gereja Khatolik.

Ia juga kagum dengan dakwah Islam yang damai dengan toleransi tinggi di Indonesia. "Karena itu penting bagi Libya dan dunia Islam untuk mencontoh dan menjaga hubungan dengan Indonesia," imbaunya.

Usai Sholat Jumat, Addukali bersama MUI kemudian berkunjung ke Pimpinan Muhammadiyah dan disambut oleh Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mukti. Addukali juga mengagumi kemajuan dakwah Islam yang dilakukan Muhammadiyah.

Ia mengatakan, Muhammadiyah adalah salah satu organisasi Islam modern terbesar di Indonesia, yang berperan besar dalam memajukan Islam. "Islam yang damai dan berkemajuan inilah yang perlu ditunjukkan kepada dunia," ujarnya.


republika.co.id

No comments: